Skip to main content

Langkah-langkah mendirikan CV, Persekutuan Komanditer, Commanditer Vennotschap


CV merupakan suatu badan usaha yang dibuat agar usaha yang akan dijalankan bisa diakui keberadaannya baik secara hukum dan legalitasnya bisa dipertanggungjawabkan.
Berbeda dengan PT, proses mendirikan sebuah CV jauh lebih sederhana dan mudah. Karena itulah banyak para pengusaha kecil dan usaha rumah tangga memilih membuat dan mendirikan sebuah CV dibandingkan mendirikan sebuah PT.
Langkah-langkah sederhana yang mesti diikuti untuk mendirikan sebuah CV berdasarkan pengalaman dan cerita dari beberapa orang yang merasakan langsung prosesnya, adalah sebagai berikut :
1. Untuk awal, kita harus mempersiapkan apa nama CV yang akan dibangun
2. Syarat mendirikan CV adalah 2 orang, jadi pastikan siapa rekan anda. Jika bisnis anda bisnis keluarga maka lebih baik dengan istri atau suami.
Fungsinya nanti satu orang adalah direktur sebagai persero aktif dan satu lagi sebagai persero diam, jika lebih dari dua orang juga dibolehkan.
3. Siapkan fotokopi KTP anda berdua dan bawa surat keterangan domisili dari Kelurahan.
4. Pilih notaris yang bagus reputasinya. Akan lebih baik jika sebelumnya anda survey harga per notaris dan rekomendasi dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa notaris.
5. Buat kesepakatan berdua di depan notaris, kemudian dapatkan nomor NPWP di kantor pajak setempat. Biayanya gratis.
6. Kembali ke notaris, bawa fotokopi NPWP, dan akan dibawa ke pengadilan untuk disahkan. Butuh waktu maksimal satu minggu biasanya, sementara itu anda mulailah mendesain logo CV dan logo kop surat CV anda nantinya.
7. Jika urusan di pengadilan dan notaris selesai, maka tinggal langkah terakhir yaitu ke Departemen Perindustrian dan Perdagangan untuk mendapatkan Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIPU dan Tanda Daftar Perusahaan atau TDP.
**
Tujuh langkah simpel dan mudah di atas jika sudah selesai dan dilewati semua berarti CV anda sudah resmi berdiri. CV anda sudah memiliki akta notaris, NPWP, SIUP dan TDP.
Anda sudah bisa memulai usaha anda, namun harus ingat anda sudah terkena pajak yang disebut PKP (Pengusaha Kena Pajak ) yang akan dipotong 10% untuk setiap transaksi usaha. Sederhana bukan?

Comments

Popular posts from this blog

Mesin Balap Setingan Mesin Balap, Mengorek, Mengatur Sudut, Durasi, Pada Noken As

Profil dan durasi Noken As / KEM Durasi Kem / Batasan Durasi Kem Korek mesin motor,Durasi adalah waktu yang diukur dalam derajat kruk as.m Maksud dari durasi klep buat para mekanik balap adalah untuk membuat lama bukakan klep, terlalu lama juga mesin jadi drop. Baik dimana klep in atau ex sedang terbuka, Pada saat mesin meningkat, mesin sering mengalamiputaran dmn kesulitan mengisi silinder dengan pasokan udara / bahan bakar dalam waktu singkat saat klep in membuka. Hal yang sama terjadi saat membuang gas sisa pembakaran. Jawaban atas masalah ini membuat klep in membuka lebih lama, yang berartimemperbesar durasinya untuk memaksimalkan saat langkah buang, banyak peracik kem extrim memulai klep membuka mendekati posisi saat piston berada di tengah-tengah langkah usaha. Ini terlihat akan mengurangi tenaga yang dihasilkan.  Tapi idenya adalah membuat klep ex sudah terbuka penuh saat piston berada di TMB akan melakukan langkah buang. Selama langkah usaha, letukan bahan bakar sudah

Budidaya Jamur Tiram

Seputar Jamur Tiram Tanya: Media apa saja yang bisa digunakan untuk budidaya jamur tiram ? Jawab: Hampir semua limbah organik bisa digunakan untuk budidaya jamur ini.antara lain :limbah gergajian kayu,limbah ampas tebu,limbah kulit kopi,limbah sagu,limbah tapioka,sekam dan jerami,limbah kertas,limbah pengolahan nanas ,sabut kelapa ,serat garut dll. Tanya: Apa saja campuran yang digunakan untuk media jamur tiram? Jawab : Campuran yang digunakan untuk menambah nutrisi media adalah: 1.media dasar : serbuk kayu atau yang lain 100% 2.bekatul 10-15% 3.kalsit/mill 1% sebagai penyeimbang ph 4.gips untuk tambahan mineral dan untuk mengokokohkan media jamur.(tidak mutlak) 5.starbio mushroom 1% 6.air 50-60% semua bahan dicampur rata baru dicampur air,ditutup bahan plastik untuk fermentasi.1-2 hari diaduk rata .kandungan air 50-60%.dikepal tidak pecah dan ditangan tidak terasa basah. Tanya: Berapa ukuran plastik untuk packing media jamur ? Jawab : Plastik tahan panas jenis PP ukuran 0.5-35

Membobol data flashdisk, Data Flashdisk, Membobol Flashdisk

Berikut cara-cara yang sering digunakan untuk mencuri data-data dari flashdisk. Tool yang dibutuhkan: software tumbsuck. Langkah-Langkah: 1. Setelah mendownloadnya, copy thumbSUCK.exe ke dalam suatu directory.  Misalnya saja temen letakkin di Local Drive D:\ dalam folder gembel.  trs di jalanin dech ( klik 2x) file ThumbSUCK.exe-nya.  Trus buat folder tersebut jadi super hidden  dengan menggunakan atribut SUPER HIDDEN pada CommandPrompt agar korban tidak curiga. * Klik Start >> Run lalu ketik cmd untuk memanggil Windows Command Processor * Masuk ke drive D dengan mengetikkan D: kemudian tekan ENTER * Untuk menjadikan folder tersebut menjadi super hidden, gunakan saja perintah attrib dengan format: attrib +s +h gembel 2. Hingga tahap ini Temen” telah bisa untuk mengkopi semua data yang ada dalam flashdisk secara otomatis, bila ada flashdisk yang terhubung di komputer Temen”. Semua file akan disalin oleh ThumbSUCK.exe secara sembunyi-sembunyi. File yang telah dicuri oleh ThumbSUCK.