Hartanto, Jarot. 2011. Implementasi Pembelajaran Berbasis Karakter (Studi Kasus pada Mata pelajaran Produktif Program Studi Keahlian Alat Berat SMK Negeri 1 Singosari Malang)
ABSTRAK
Hartanto, Jarot. 2011. Implementasi Pembelajaran Berbasis Karakter (Studi
Kasus pada Mata pelajaran Produktif Program Studi Keahlian Alat Berat SMK Negeri
1 Singosari Malang)
Pembimbing (I) Dr. H. Dwi Agus
Sudjimat, S.T., M.Pd., Pembimbing (II) Drs.
H. Yoto, S.T., M.Pd., M.M
Kata-kata kunci: Implementasi
Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Karakter, Karakter.
Karakter sebagai suatu moral excellence atau akhlak
dibangun di atas berbagai kebajikan (virtues) yang pada gilirannya hanya
memiliki makna ketika dilandasi atas nilai-nilai yang berlaku dalam budaya
(bangsa). Karakter bangsa Indonesia adalah karakter yang dimiliki warga negara
Indonesia berdasarkan tindakan-tindakan yang dinilai sebagai suatu kebajikan berdasarkan
nilai yang berlaku di masyarakat dan bangsa Indonesia. Oleh karena itu,
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa diarahkan pada upaya mengembangkan
nilai-nilai yang mendasari suatu kebijakan sehingga menjadi suatu kepribadian
diri warga Negara. Sehingga berangkat dari paradigm ini maka dikembangkalah
strategi untuk mencapai misi pendidikan karakter ini dengan merangkai dan
menata pembelajaran yang ada di sekolah dengan menggunakan pola pembelajaran
yang berbasis karakter. Beranjak dari usaha pencapaian misi pendidikan karakter
ini peneliti melakukan penelitian terkait dengan implementasi pembelajaran
berbasis karakter dengan melakukan pola integrasi antara karakter yang ada
dengan mengkombinasikan karakter yang ada pada intisari buku The 7th Habbits Efectif People
yang disusun oleh Stephen R. Covey serta dikorelasikan dengan karakter yang
dibutuhkan industri.
Dalam pelaksanaanya penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan rancangan penelitian menggunakan studi kasus. Penelitian ini dilakukan
di SMK Negeri 1 Singosari pada program keahlian alat berat pada mata pelajaran
produktif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian
ini meliputi wawancara, studi dokumentasi dan observasi.
Sehingga
dalam penelitian ini menjadi penting untuk ditindak lanjuti menuju gambaran
yang lebih nyata, sehingga apa yang menjadi bukti pelaksanaan pembelajaran
berbasis karakter ini dan di imbangi dengan adanya penguatan karakter dari
industry yang terkait yang kemudian akan diposisikan sebagai pondasi awal suatu
institusi atau sekolah dalam melakukan proses pembelajaran secara komperehensif
untuk mencapai masa depan pendidikan yang berkarakter di bangsa ini yang lebih
baik.
Kesimpulannya implementasi dari
pembelajaran berbasis karakter yang diterapkan di SMK Negeri 1 Singosari Malang
adalah sebuah pembelajaran yang diformat untuk menghasilkan lulusan yang
memiliki karakter sesuai dengan kebutuhan dunia industri yang kemudian dalam
pembentukan karakter tersebut jurusan TAB SMK Negeri 1 Singosari Malang, dalam
penerapan pembelajaran tersebut memadukan kurikulum yang sudah ada yaitu
kurikulum berbasis karakter dan spektrum dengan unsur karakter pada The 7th Habits kemudian pada
ranah teknis digambarkan dalam sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan
memasukkan 7 (tujuh) unsur kebiasaan (habits)
kedalam Rencana Pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter, Pada pelaksanaannya
pembelajaran berbasis karakter ini bekerjasama dengan P.T Trakindo dan beberapa
industri sebagai tempat penguatan dan pemantapan karakter yang sudah diajarkan
oleh guru pengajar
Comments
Post a Comment