Skip to main content

MODIFIKASI PERFORMA MESIN UNTUK GAS PUOLLLL

Tantangan bagi seorang tuner adalah bagaimana mengolah pikiran dan angan-angannya ke dalam sebuah pola kertas perhitungan dan setelah desain perhitungan itu diperoleh maka dapat diterapkan dengan efisien di dunia nyata dan bermanfaat.
Alhamdulillah, puji syukur kami masih memiliki umur panjang untuk menyaksikan torehan tenaga dari honda megapro tuned by R.A.T, setelah di lakukan serangkaian kombinasi modifikasi mampu menghasilkan power 19,1 DK, (standard 13,3 DK). Bekal tenaga ini cukup untuk mengasapi  Suzuki Satria150 Fu , Yamaha Vixion, ataupun motor sekaliber honda Tiger, karena dengan power 19 DK lebih, target yang dikejar adalah yamaha scorpio :) .
Apa rahasia dapur pacu nya :
Penambahan Kapasitas Silinder
Pasokan extra 43 cc ke dalam silinder yang asalnya 157cc menjadi 200cc adalah kuncian utama keberingasan megapro tuning stage 3 by RAT. Penambahan kapasitas silinder agar aman dipakai untuk harian kita ambil langkah stroke up, mengapa?
Jarak diagonal baut tanam honda megapro tidak terlalu lebar. Sehingga lebih riskan untuk di bore up, sementara ruang di crankcase antara kruk as dan set transmisi masih lebar, sehingga lebih memungkinkan untuk stroke up. Big end digeser sejauh 6mm dari posisi standard, sehingga ditemui langkah yang baru mendekati kruk as honda tiger. Dengan diameter piston yang relatif tidak jauh beda dari standard (hanya menggunakan megapro o.s 1,00 ) dinding liner dipercaya masih tebal untuk menahan kalor yang dihasilkan dari gesekan mekanis maupun hasil ledakan.
Dengan desain stroke up, maka hisapan piston bisa lebih jauh, piston speed meningkat dibanding saat stroke masih standard, maka kecepatan gas memasuki ruang bakar akan lebih cepat sejak di RPM rendah. Itulah keunggulan stroke up. Karena kapasitas meningkat – otomatis kompresi juga turut meningkat.
Kruk as dan noken as harus seimbang
Pengaturan ulang porting
Jalur pemasukan bahan bakar didesain lebih besar , lebih lurus dan menjorok langsung , supaya aliran gas lebih cepat masuk ke ruang bakar. Tetap perhitungan berdasarkan penyesuaian langkah dan diameter piston yang baru.
Kita analisa desain standardnya dahulu, penggapaian power 13,3 @ 8,500 RPM, gas speed di dalam porting adalah 84m/s. Untuk dimasukkan pada desain mesin terbaru maka kita dapat mencari lubang porting nya. .  Seandainya kita memakai gas speed yang sama,
84 = ((61.5 x 8500 ) / 30000 ) * ( 64.5 / x )^2
84 / 17.425 = (64.5/x)^2
sqrt (4.82) = 64.5 / x
x = 64.5 / 2.195
x = 29 mm
Ketemu porting dimensi 29mm, sayangnya kok terlalu besar seperti motor drag aja. Supaya lebih hemat bbm dan power di RPM rendah – menengah lebih kuat, Anggap kita ingin di rpm tersebut aliran udara dibuat lebih kencang +- 100 m/s, maka porting sebesar 27 milimeter dapat dijadikan pilihan. Baru porting yang relatif kecil ini dikombinasikan karburator yang besar, Keihin Pe 28mm dapat menjadi pilihan untuk mensuplay gas segar lebih deras.
Murmerceng
Dengan diameter piston yang hanya selisih 1 milimeter dari standard, maka diameter klep standard sebesar 31.5 milimeter untuk inlet dan 27.5 milimeter untuk outlet masih bisa dipertahankan. Ini salah satu metoda murmerceng. Tentu dengan mempertahankan nilai katup standard, kita menghemat biaya perubahan dengan menggunakan katub -katub eksotis milik mobil. Namun bayangkan seandainya klep juga turut diperbesar, bukan tidak mungkin power jauh lebih besar dapat diperoleh.
Cara mengakalinya adalah : teknik back cut valve, dengan membubut ulang punggung kem, selain kita meningkatkan massa airflow, kita juga secara tidak langsung meningkatkan lift klep bahkan sebelum kita memapas noken as itu sendiri:)
Proses Back Cut
Pengaturan ulang lift, durasi , lsa
Pengaturan noken as adalah kunci kami, desain bawaan megapro yang memiliki LSA sempit kami rubah ke LSA yang relatif lebih lebar, dengan beberapa alasan : Power di putaran bawah dan menengah lebih kuat untuk berakselerasi, Lebih minim detonasi meski kompresi meningkat sehingga aman untuk dipakai setiap hari dan jarak jauh, Daya kevakuman manifold lebih besar untuk menghisap karbu honda NSR SP yang dipasangkan.
Bagaimana memperbaiki putaran atasnya? Kita meninggikan overlap nya sebanyak 0,5 milimeter, memperlebar durasi hingga lebih dari 300 derajat, menambah lifter nya hingga 7,2 milimeter. Dengan ubahan demikian, diharapkan noken as ini selain menambah tenaga juga tetap aman dipakai sehari-hari dan meningkatkan efisiensi bahan-bakar.
Penyesuaian
Penyesuaian adalah faktor penting finishing set up. Setelah dapur pacu di set up benar, maka pembelanjaan karburator keihin pe 28mm dan jetting spuyer dibutuhkan. Selain itu knalpot free flow diyakini lebih mampu membuka potensi tenaga dan melepas kalor. CDI BRT ditugaskan meng-otaki pengapian yang disalurkan ke koil standard dan busi NGK D8EA. Kampas kopling Honda Grand 5 lembar, plat kopling berbintik, dan pir kopling honda Tiger Nagata dipercayakan sebagai penerus daya dari kruk as ke transmisi.
Setelah set up dirasa cukup, saatnya dibawa naik ke mesin dynotest.
Hasilnya :
Hasil Dynotest

grafik dynotest
TETAP SEHAT – TETAP SEMANGAT! BIAR BISA MODIFIKASI MESIN TIAP HARI

Comments

Popular posts from this blog

Cara mempercepat koneksi Wifi.

Yah mumpung ga ada kerjaan mending bagi-bagi ilmu aja, kali ini aku mau ngasi tau cara biar jaringan internet kita bisa cepat saat main internet dijaringan hotspot. Biasanya orang pake aplikasi untuk mendongkrak kecepatan internet mereka, tapi cara saya beda, ga perlu pake aplikasi, hanya perlu buka Command Prompt aja. Biar ga lama mending langsung aja kita ikuti caranya. 1. Koneksikan komputer anda pada jaringan wifi. Setelah itu klik kanan pada nama jaringan lalu pilih Status 2. maka akan muncul Status Wireles Network Connection lalu klik Detail 3. Ingat atau catat angka yang  ada seperti dilingkaran warna merah. 4. Klik Start ► Run Ketik cmd.exe     (Windows + R untuk win 7) 5. Ketikkan teks ini ping -l 500 192.168.1.1 –t lalu enter tujuannya adalah anda meminta bandwitch sebanyak 500 bytes dari server jaringan hotspot. Bandwitch normal yang diberikan biasanya hanya 32 bytes per-user tetapi dengan mengetikkan format diatas berarti and...

Membobol data flashdisk, Data Flashdisk, Membobol Flashdisk

Berikut cara-cara yang sering digunakan untuk mencuri data-data dari flashdisk. Tool yang dibutuhkan: software tumbsuck. Langkah-Langkah: 1. Setelah mendownloadnya, copy thumbSUCK.exe ke dalam suatu directory.  Misalnya saja temen letakkin di Local Drive D:\ dalam folder gembel.  trs di jalanin dech ( klik 2x) file ThumbSUCK.exe-nya.  Trus buat folder tersebut jadi super hidden  dengan menggunakan atribut SUPER HIDDEN pada CommandPrompt agar korban tidak curiga. * Klik Start >> Run lalu ketik cmd untuk memanggil Windows Command Processor * Masuk ke drive D dengan mengetikkan D: kemudian tekan ENTER * Untuk menjadikan folder tersebut menjadi super hidden, gunakan saja perintah attrib dengan format: attrib +s +h gembel 2. Hingga tahap ini Temen” telah bisa untuk mengkopi semua data yang ada dalam flashdisk secara otomatis, bila ada flashdisk yang terhubung di komputer Temen”. Semua file akan disalin oleh ThumbSUCK.exe secara sembunyi-sembunyi. File yang telah dic...

Kota Kediri, CPNS 2013, Pendaftaran

CPNS 2013 Posted : 06 September 2013 PENGUMUMAN Nomor: 810/2055/419.62/2013 TENTANG PENERMAAN CALON PEGAWAI  NEGERI SIPI L DAERAH (CPNSD) KOTA KEDIRI UNTUK PELAMAR UMUM TAHUN ANGGARAN 2013 Berdasatkan Penetapan Persetujuan Tertulis Rincian Formasi CPNSD Kota Kediri Tahun 3013 oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: R/029.FM.PAN-RB/08/2013 tanggal 16 Agustus 2013, Pemerintah Kota Kediri akan melaksanakan Ujian Seleksi Panerimaan Calon Pegawai Negen Sipil Daerah (CPNSD) untuk mengisi formasi tahun anggaran 2013 dari pelamar umum sejumlah 40 (empat puluh) formasi. dengan ketentuan sebagai berikut : I.      KUALIFI KASI PENDIDI KAN YANG DIBUTUHKAN A.  KODE INSTANSI YANG DILAMAR    : 6577 B.  KODE LOKASI PENEMPATAN     : 6577 NO FORMASI JABATAN KODE JABATAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN KODE PENDIDIKAN ALOKASI 1 2 3 4 5 7 JUMLAH SELURUHNY...